IMG-20200130-WA0031-700x375

Advokad Abdul Rasyd SH, Apresiasi Kapolres Bulukumba Atas Penangguhan Penahanan Kliennya

BULUKUMBA, RADAR INVESTIGASI.COM – Advokat Abdul Rasyid SH, yang juga ketua LBH Cita Keadilan mengapresiasi respon Kapolres Bulukumba atas permohonan penangguhan atas kliennya Jumalang.

Jumalang yang sekarang telah menjalani tahanan di Polres Bulukumba selama 1 minggu lebih karena dugaan melakukan tindak pidana pengancaman sebagaimana diatur dalam Pasal 335 KUHP segera dikeluarkan dari tahanan.

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan yang  ditemui di rumah jabatannya beberapa hari lalu menyatakan, “Penahanan seseorang tidak menjadi wajib sepanjang telah memenuhi persyaratan, tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, koorperatif dalam proses pemeriksaan,” ucap Kapolres.

Untuk diketahui, Kasus pengancaman yang menimpa diri tersangka Jumalang berawal dari adanya sengketa perdata antara Jumalang dengan Sato, kedua belah pihak sama pernah menang di Pengadilan, hanya saja di perkara terakhir pihak Sato yang menang perkara tanpa diketahui oleh Jumalang, karena kuasa hukumnya belum menyampaikan, sementara pihak Sato yang menang dalam perkara di Pengadilan Negeri tanpa upaya banding dari Jumalang, tiba tiba masuk lokasi mau menanam pohon pisang, dimana sebelumnya telah menebang tanaman milik Jumlang tanpa melalui eksekusi lebih dahulu.

Tanpa disengaja Jumalang ke kebunnya yang menjadi obyek sengketa tiba tiba mendapatkan laki laki sato bersama puluhan orang mengerjakan tanah miliknya, Jumalang menegurnya namun dibalas dengan lemparan batu bahkan menggunakan senjata tajam yang berakibat terjadi tindak pidana.

Sato dikenakan sangkaan pidana penganiayaan sedangkan Jumalang dikenakan Pasal pengancaman. (Red)