IMG_20200108_122238-700x375

Akhirnya Dikjar Provinsi Maluku Utara Meminta Melihat Ijazah Kades Sidanga

Halteng, radarinvestigasi.com – Kasus pemalsuan ijazah yang ditangani penyidik Polres Halteng akhirnya mendapat respon baik dari Dikjar Provinsi Maluku Utara dengan meminta untuk melihat ijazah yang diduga disalah gunakan oleh Kepala Desa Sidanga Hernimus Kumai tersebut dalam pencalonan Kepala Desa tahun lalu.

Hal ini disampaikan Kasat Reskrim Polres Halteng Iptu Effan A Sulaiman Senin, (6/1/2020) pagi kemarin dalam acara jumpa Pers di Aula Pesat Gatra Polres Halteng di desa Wedana Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah.

Dari kesekian surat yang kami (penyidik) diantar lanjut Iptu Effan, untuk pengambilan keterangan, akhirnya direspon Dikjar surat ke delapan baru dapat di respon dan meminta untuk melihat ijazah Hernimus Kumai (tersangka) yang digunakan dalam pencalonan Kepala Desa Sidanga tahun lalu itu.

“Kemarin kami diminta oleh Dikjar untuk mengirim surat ijazah yang digunakan tersangka dalam pemilihan Kepala Desa Sidanga itu untuk ditelaah. Sebab, semua ijazah yang keluar itu dari Dinas Pendidikan Pengajaran (Dikjar) Provinsi Maluku Utara,” tandasnya.

Kasus pemalsuan ijazah yang dilakukan saudara tersangka Hernimus Kumai dan terpilih sebagai Kepala Desa Sidanga tahun lalu itu kini tinggal menunggu pengambilan keterangan Dikjar langsung P21 dan dilimpahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Weda kembali karena sudah dinyatakan lengkap,” ungkap Effan. (LL)