Kolaka, Radar IT – Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan kelas III Kolaka Muhammad Hasfas SE tinjau kesiapan Kapal Penumpang di pelabuhan Ferry Kolaka guna memastikan kapal yang beroperasi dalam kondisi baik serta untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran. Kamis 16/5/19

” Hari ini kita turun ke kapal guna mengecek dan memastikan kesiapan kapal sesuai dengan instruksi Dirjen Perhubungan Laut kepada setiap KSOP dan OPP untuk mengadakan Ramcek keseluruh kapal penumpang guna mengantisipasi arus mudik lebaran 2019.” ucap Hasfas saat di temui awak media dipelabuhan ferry Kolaka

Lebih lanjut Hasfar mengatakan bahwa pengecekan kapal meliputi alat alat pemadam, fasilitas penumpang diatas kapal, tali temali, dan alat keselamatan serta dokumen kapal.

” Semua dokemen kapal dan ABK kita cek termasuk semua fasilitas kapal dan alat keselamatan di atas kapal itu semuanya lengkap.”

Dua kapal yang kita periksa KMP. Misima semuanya lengkap kecuali KMP. Kotabumi kita temukan Nosel pemadamnya trabel, jadi kita sudah instrusikan agar segera di ganti sebelum kapal berlayar.

Lanjut Hasfas, untuk pemambahan armada kapal penumpang itu tidak, kecuali ada lonjakan penumpang, ya kita akan adakan pemambahan jam kapal. Artinya setiap kapal tiba di pelabuhan langsung berangkat lagi.

” Tidak ada penambahan Armada kapal sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan ASDP, Operator kapal, Otoritas pelabuhan, BPTD tidak ada pebambahan kapal, kecuali ada lonjakan pemumpang baru kita tambahkan jam kapal.” ungkap KSOP Muhammada Hasfas

Selain itu kami juga sudah meminta kepada operator kapal melalui Ketua DPC nya untuk menyurat ke Dirjen Perhubungan Laut untuk minta dispensasi penambahan kapasitas pemumpang.

Ditempat yang sama Kapten Kmp. Misima Muhammad Yunos juga membenarkan bahwa Kepala Syahbandar Kelas III Kolaka telah melakukan Ramcek Kapal

” Hari ini kepala Syahbandar Kolaka yang langsung melakukan pengecekan kapal, alhamdulillah semuanya lengkap. Kita tinggal berlayar sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. ” tutup Kapten Kmp. Misima (**)