IMG-20200128-WA0067-700x400

Balai Karantina Amankan Dua Box Daging Kelelawar Dipelabuhan Sanana

Kepsul, Radar Investigasi.Com – Penyelundupan daging tanpa dokumen di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) makin marak. Dua pekan lalu, petugas Balai Karantina Hewan bersama aparat gabungan mengamankan 4 box daging anjing diatas kapal KM. Permata Bunda.

IMG-20200128-WA0068-700x400

Kini petugas gabungan kembali menemukan 2 box daging kelelawar dan babi seberat 20 kilogram yang diselundupkan melalui kapal KM. Aksar Saputera 09, Selasa (28/1/2020).

Dari box tersebut tertulis nama Andi sebagai pengirim. Informasinya, daging tersebut dikirim melalui pelabuhan Falabisaha, Kecamatan Mangoli Selatan dengan tujuan Manado. Anehnya, petugas kapal mengaku tidak mengetahui nama pengirim daging tersebut.

Kepala Balai Karantina Hewan Wahyu Samurwat menuturkan, pemeriksaan tersebut dilakukan secara rutin sesuai amanah UU nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina.

Untuk itu, kata Wahyu pihaknya, berkordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal berlabuh di pelabuhan. Dia menjelaskan, selain tanpa dokumen, diamankannya daging tersebut berkaitan degan penyakit virus corona yang kini tengah melanda China.

”Memang di Indonesia belum tetapi kan kita juga antisipasi karena bisa saja kelelawar ini migrasi antar negara, ”jelasnya.

Menurut Wahyu, pihaknya juga telah mengkonfirmasikan perihal tersebut kepada petugas kapal namun, mereka juga mengaku tidak mengetahui nama pengirim.

”Ini kita lakukan bersama dengan petugas gabungan baik TNI-AL, Polri dan otoritas pelabuhan, ”tandasnya. (R)