IMG_20200110_221034-700x375

Berkas Dua Tersangka Dugaan Korupsi DD Fagudu Diserahkan Ke Jaksa

Kepsul Radar Investigasi.com – Polres Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) telah meyerahkan berkas perkara Dua tersangka kasus dugaan korupsi DD dan ADD, tahun 2016 Desa Fagudu Kecamatan Sanana, di Kejaksaan Negeri Kepulauan Sula.

Berkas dua tersangka tersebut yakni mantan Kades Fagudu MF dan mantan Bendahara Desa FU dinyatakan lengkap (P21) oleh Polres Kepsul dan telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kepsul jumat ( 10/1/2020). Itu artinya, tinggal selangkah lagi keduanya akan disidangkan di Pengadilan Tipikor Ternate.

Penyerahan berkas kasus dengan kerugian senilai Rp 500 juta itu dipimpin langsung oleh Kanit Tipikor Polres kepsul, IPDA AR. Umaternate.

Kasat Reskrim Polres Kepsul, IPTU Paultri Yustiam melalui Kanit Tipikor IPDA AR. Umaternate menjelaskan, penyerahan tahap dua tersebut dilakukan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh Jaksa Peneliti.

“Ia, sudah kita serahkan tadi bersama tersangka dan barang bukti, “kata AR. Umaternate.

Dia menjelaskan, sebelumnya, berkas tersebut dua kali bolak-balik dari jaksa dan penyidik. Penyidik kemudian melengkapi dokumen sesuai petunjuk (P19) dari Jaksa Peneliti, “Ada petunjuk dan sudah kita lengkapi, “ujarnya.

Sementara itu, kasus tersebut sempat tersendat. Pasalnya, FU alias Fitriyani sempat menghilang dan ditetapkan menjadi buron selama beberapa bulan dan baru dibekuk pada November lalu.

Dari hasil pengembangan penyelidikan dan penyidikan, penyidik akhirnya menetapkan keduanya dengan pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 juncto pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 telah diperbaharui dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang, pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun, denda paling banyak 1 miliar. (rsmit)