IMG-20191202-WA0066-700x390.jpg

Berkat Hendrata, Masyarakat Wailoba Akhirnya Nikmati Listrik

Kepsul, Radar Investigasi. Com -Masyarakat Desa Wailoba, Kecamatan Mangoli Tengah, akhirnya dapat menikmati listrik Negara setelah 74 Tahun Indonesia Merdeka. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Kepsul Hendrrata Thes.

IMG-20191202-WA0065-700x390.jpg

Hal ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dan pihak PLN Wilaya Maluku, Minggu (1/12/2019), pengresmian listrik tersebut juga dihadir Kepala jeksaan Negeri Kepsul, Romulus Hoholongan.

Sekdes Wailoba Hatim Usia yang menyampaikan sambutan mewakili masyarakat pada kesempatan itu mengatakan, Selama ini masyarakat desa wailoba tidak pernah bermimpi akan dapt menikmati listrik Negara. Sebab jarak antara desa wailoba dengan pusat PLN Kecamatan Mangoli tengah kurang lebih 20 kilo meter yang jarak tempuhnya kurang leih 12 jam.

“Tapi hari ini terbukti bahwa listrik Negara telah menerangi rumah rumah warga, jalan raya, rumah ibadah dan sekolah, ini merupakan bukti keseriusan Pemda dan PLN dalam memperhatikan kebutuhan warga Desa Wailoba,” ungkap Sekdes

Olehnya itu, mewakili masyarakat, Lanjut Hatim, pihaknya menyampaikan terimakasi pada Pemda kepsul, khususnya Bupati yang telah membuka akses jalan, sehingga pihak PLN dapat memasang jaringan listrik sampai ke desa wailoba yang selama ini hidup dalam kegelapan.

Dia menambahkan, Saat ini untuk pemasangan meteran dirumah-rumah rumah warga, Pemerintah desa telah mengambil kebijakan, dengan memanfaatkan dana desa (DD) untuk memasang secara gratis ke seluruh rumah warga secara keseluruhan.

“Untuk pasang meteran listrik, kami di pemerintah desa ambil kebjakan, untuk manfaatkan DD, hal ini dilakukan guna memudahkan warga, agar semuanya bisa menikmati listrik,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Manager PLN SANANA Samsul Asmen mengatakan, Semua progres pembanngun listrik di Kepulauan sula berkat kerjasama Pemda bersama PLN. Hingga itu mewakili manejer PLN, pihaknya mnyampaikan terima kasih pada Bupati yang terus mendorong pembangunan listrik ke seluruh desa di Kepulauan sula.

“Kecamatan mangoli tengah ada 9 desa dan wailoba merupakan desa terakhir yang telah dialiri listrik, ini semua berkat kerja sama yang baikantara Bupati dan PLN,”ucapnya.

Lanjut dia, Pihaknya juga berharap pada seluruh masyarakat agar dapat membantu PLN dalam menjaga dan memelihara jaringan PLN, sebab dengan begitu jaringan akan terpelihara dan masyarakat dapat menikmati listrik tanpa ada gangguang.

“Masyarakat harus bantu PLN untuk merawat jaringan, karena kalau jaringan gangguan yang rugi adalah masyarakat, tapi kalau jaringan terawat maka listrik akan normal dan masyarakat dapat menikmati dengan baik,” tambahnya.

Sedangkan Bupati Hendrata Thes dalam sambutanya pada kesempatan itu mengatakan, tiga tahun tiga bulan selama kepemimpinannya, pihaknya tidak pernah putus berkomuniksi dengan pihak PLN untuk bisa mengaliri listrik, sehingga pada kesempatan ini bisa terwujud.

IMG-20191202-WA0067-700x390.jpg

“HarI ini kita semua saksikan, kalau listrik betul-betul menyala, ini membuktikan kalau Pemda dan PLN tidak diam untuk perhatikan masyarakat,”tutur Bupati

Hendrata berharap, pada masyarakat agar dapat memanfaatkan listrik ini dengan baik, terutama siswa agar manfaatkan listrik untuk belajar.

“Listrik sudah menyala, saya berharap agar anak anak bisa lebih giat belajar, saya juga berharap kehadiran listrik ini dapat mmbangkitkan ekonomi masyarakat,”harapnya.

Untuk diketahui, Desa wailoba merupakan salahsatu desa di pesisir pulau mangoli yang terisolasi, karena jauh darijangkuan Pemda, bahkan untuk ke pusat kecamatan, warga harus menempuh jarak kurang lebih 17 kilo metar. Selain itu juga, desa tersebut jau dari seluruh desa. (rs)