Bupati Buru Hadiri Pembukaan Rapat Forum Konsolidasi Publik Penyusunan dan Rancangan RKPD

NAMLEA,radarinvestihasi.com – Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) merupakan dokumen perencanaan tahunan daerah yang disusun sesuai dokumen RPJMD Kabupaten Buru tahun 2017/2022.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Buru Ramli I Umasugi Spi.Mm., saat mengawali pembukaan Rapat Forum Konsolidasi Publik Penyusunan dan Rancangan RKPD,di Aula Kantor Bupati Buru.
10/03/20

Untuk itu, kata Bupati, hal-hal yang terkait dengan issu issu starategis di tahun 2021 seperti, Kemiskinan, Pengangguran, Optimalisasi Tata Kelola Pemerintahan, Pemerataan Mutu Layanan Pendidikan, Kesehatan,  Pelestarian Budaya, Infastruktur Pedesaan dan Perkotaan.

“Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Pariwisata, Penataan Ruang, Mitigasi Bencana dan Lingkungan Hidup, Penguatan Kelembagaank Ekonomi Mickro dan klim Usaha, Persamaan Gender, Perlindungan Ibu dan Anak, Keamanan dan Ketertiban. Oleh karenanya semua program ini, agar dapat dirasakan oleh masyarakat,” Kata Bupati.

Lanjut Bupati, Sebagai gambaran capaian pembangunan diKabupaten Buru, dari tahun ke tahun terjadi peningkatan terhadap target peningkatan makro di Kabupaten Buru. tingkat pertumbuhan ekonomi di tahun 2018, 6,22%.

“Pengangguran Terbuka 2,65%. Inflasi Daerah 2,60%. sedangkan untuk data tahun 2019 angka Kemiskinan 16,74 %, serta indeks Pembangunan Manusia sebesar 68,91%, “ ungkap Bupati.
Melalui forum Konsultasi Publik  ini,Bupati mengharapkan, adanya masukan-masukan penting dari para pemangku kepentingan, dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis, sehingga mampu mengantisipasi perubahan dan dinamika yang berkembang di masyarakat.

“Forum Konsultasi Publik ini sendiri, telah sesuai dengan rencana kerja pemerintah Daerah yang mengamanatkan rancangan awal RKPD untuk dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, untuk memperoleh masukan dan saran,” tutup Bupati

Laporan fer(*)