IMG-20200324-WA0092_copy_700x375

Bupati Kepsul Keluarkan 17 Instruksi Cegah Penyebaran Virus Corona

SANANA Radar Investigasi.com- Pencegahan virus Corona Covid-19, Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes, telah mengeluarkan instruksi sebanyak 17 Poin.

Instruksi pencegahan virus Corona tersebut disampaikan saat konferensi Pers di istina Daerah (Isda) Selasa (24 /3/2020). dihadiri oleh Sekretaris Daerah Syafruddin Sapsuha dan Kepala BPBD Hendra Umabaihi serta Pimpinan OPD dilingkup Pemda Kepsul.

Bupati Kepsul Hendrata Thes, menyampaikan untuk mengantisipasi dan pencegahan virus Corona Covid- 19 Pemda Kepsul telah mengeluarkan intruksi yang bedasrakan Keputusan Presiden No.7/2020 tentang gugus pencegahan penanggulangan Virus Corona.

Serta Surat edaran Menkses RI No. HK.02.02/menkes/56/2020, tentang penetapan status virus Covid-19 oleh WHO. Sebagai darurat kesehatan Global yang suda menjadi pendemik.

Kemudian Surat edaran Menpan RI.No.19/2020, tentang peyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona dilingkungan instansi pemerintah. Serta surat edaran Mendagri RI No. 440/2346/SC, tentang pencegahan virus Corona dilingkungan pemerintah.

“Serta Maklumat Kapolri No.MAK/23/3/2020 tentang terhadap pemerintah dalam kebijakan penanganan penyebaran virus Corona,” jelas Bupati Kepsul.

Untuk itu, kata Bupati Pemda Kepsul telah mengeluarkan 17 Poin Instruksi yang ditujukan Kepada Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepala Peritahan Kecamatan, Kepal Sekolah TK, SD serta SMP dan sederajat serta masyarakat di Kapsul.

Pertama meliburkan Siswa/i TK/SD/SMP dan sederajat untuk belajar dirumah atas petunjuk guru dan pengawasan orang tua. Terhitung dari tanggal 24 Maret 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Kedua, menutup sementara tempat Hiburan malam Caffe, dan lain-lain, rumah makan (dianjurkan untuk pesan antar atau tidak makan ditempat), kegiatan turnamen olahraga waktu belum yang ditentukan.

Ketiga, mentiadakan sementara kegiatan apel pagi, upacara dan senam pagi untuk semua instansi pemerintah. Ke 4 dilarang mengelar pesta, acara keramaian dan kumpul ditempat tempat santai, selama status darurat kesehatan belum dicabut oleh pemerintah pusat.

Kelima bagi ASN pemda kepsul sejak tanggal 24 Maret 2020 melakukan aktivitas kantor di rumah, dengan menggunakan aplikasi social media sampai batas waktu belum ditentukan.

Keenam seluruh pejabat Daerah dan ASN kepsul untuk tidak melalukan perjalanan keluar Daerah baik provinsi dan keluar provinsi Maluku Utara.

Semantara Ketujuh Pemda menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kedelapan, Pemda memastikan untuk menjamin ketersediaan pangan dan kestabilan harga semabako.

Kesembilan para pengusaha yang menjual sembako dan peralatan kesehatan apotik. Dilarang menimbun dan menaikkan harga yang tidak terjangkau oleh masyarakat,Tegas Hendrata.

Kesepuluh, Pemda Kepsul menjamin dan memastikan sistem dn modal tranportasi dan regional akan berjalan dengan lancar aman selama belum ada kebijakan Lockdown, namun pada kondisi darurat akan diambil langkah-langka strategis demi kebaikan bersama.

Kesebelas menghentikan sementara TKA untuk masuk di Kepsul, dan Kedua belas, memerintahkan kepada camat untuk turut serta mengawasi para dalam mensosialisasikan pencegahan virus Corona dan.

Ketiga belas. Memerintahkan kepada kepala Desa untuk ikut serta menjaga masyarakat di Desa dan mensosialisasikan pencegahan virus Corona

Keempat belas. Kepada warga masyarakat agar tidak menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaks terkait virus Corona. Yang dapat menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat,

Kelima belas . Bagi warga masyarakat yang melakukan perjalanan keluar Daerah wajib melaporkan riwayat perjalanan kepada tim Posko Gugus tugas pencepatan penanganan virus Corona Kepsul

Keenam belas, instruksi ini wajib dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan jika tidak diindahkan maka dilakukan tindakan sesaui Hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku

Terkahir Instruksi ini berlakau sejak tanggal yang ditetapkan

Instruksi Bupati Kepsul Hendrata Thes. Telah ditetapkan di sanana pada hari ini, tanggal 24 Maret 2020. Untuk itu Pihaknya mengaskan agar kebijakan dan instruksi ini harus di patuhi demi kseselamatan Masyarakat di Kepsul

“Mingkin Instruksi ini kurang baik dan kurang Populer tetapi semua demi keselamatan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sula,”tutupnya. (ist)