Dapat Dukungan Bupati, Basarnas Malut Bakal Bangun Unit Siaga SAR di Kepsul

Kepsul, Radar Investigasi. com – Untuk membentuk unit siaga SAR di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ( Basarnas) Provinsi Maluku Utara (Malut) Muhammad Arafah melakukan kunjangan kerja di Kepsul.

Kunjungan tersebut adalah untuk berkoordinasi dengan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kepsul telah direspon serta mendapatkan dukungan oleh Pemda Kepusul. Sehingga Basarnas Malut, akan membuka unit siaga SAR Kepsul.

Kepala Kantor Basarnas Malut Muhammad Arrafah saat di wawancarai awak media. Kamis (5/3/2020), mengatakan kehadiran pihaknya di Kepsul adalah untuk berkoordinasi dengan Pemda Kepsul, dan telah mendapatkan dukungan oleh Pemda Kepsul. Sehingga dukungan tersebut pihaknya, akan mengusulkan kantor unit SAR di Kepsul kepada Basarnas pusat.

“Kunjungan kami, di Sula untuk berkoordinasi dengan Bupati Kepsul Hendara Thes, agar memberikan dukungan terhadap kami, terkait dengan usulan untuk membuat kantor unit siaga SAR di Kepsul,” ujarnya.

Selain itu, Arafah menyebutkan kunjungan serta koordinasi dengan Pemda Kepsul direspon baik oleh Pemda Kepsul. Untuk itu, pihaknya mugucapkan terimakasi kepada Pemda Kepsul.

“Kami ucapkam terimakasi banyak kepada Bupati Hendarata Thes selaku Kepala Pemerintahan di Kepsul, yang telah merespon baik kehadiran kami, untuk membuka unit siaga SAR di Kepsul. Sehingga kami akan berusaha dengan secepatnya,” ujar Arrafah.

Dia menambahkan selain dukungan oleh Bupati kespsul Hendrata Thes, Kepala Dan Badan Penaggulan bencana Daerah (BPBD) Hendra Umabaihi, untuk membentuk unit Siaga SAR, maka langka pertama bulan April mendatang. Pihaknya akan mengundang porsonil dari BPBD Kepsul untuk melaksanakan kegiatan pelatihan siaga SAR di Ternate.

“Dengan diberikan surat dukungan dari Bupati Hendrata Thes. Untuk bentuk unit siaga SAR di kepsul. Kami akan berkoordinasi dengan Kepala (BPBD) Hendra Umabaihi, dan akan mengundang porsonilnya, agar ikut melaksanakan pelatihan siaga SAR di Ternate pada bulan April mendatang,”tutupnya. (mit)