IMG-20191213-WA0013-700x400

Dapati Siswa Bolos, Ini Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Mappakasunggu

Takalar, Radar Investigasi – Dapati pelajar yang bolos atau berkeliaran disaat jam pelajaran berlangsung di sekolah, Bhabinkamtibmas Polsek Mappakasunggu Bripka Zainal Halim memberikan himbauan dan pembinaan kepada sejumlah siswa di Desa Banyuanyara, Kamis (12/12/19).

Bripka Zainal Halim mengungkapkan sewaktu dirinya sedang patroli dan menyambangi warganya menemukan siswa yang sedang nongkrong saat jam pelajaran berlangsung selanjutnya memberikan pengarahan

“Tugas kalian yang utama adalah belajar, jadi hendaklah lebih rajin belajar, patuh dan taat sama kedua orang tua serta mengisi waktu untuk belajar rajin shalat dan mengaji,” ucap Bripka Zainal Halim.

Kapolsek Mappakasunggu Akp Ahmad Rosma menjelaskan bahwa Bhabinkamtibmas yang selalu ada di desanya agar selalu memonitor para pelajar yang berkeliaran, berikan arahan jangan sampai mengulangi perbuatannya sehingga merugikan diri sendiri serta masa depannya.

Dilansir dari jejakpendidikan.com, penyebab anak bolos sekolah menurut Surya (2001:122) kebiasaan membolos dapat bersumber dari berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Secara internal, kebiasaan membolos bersumber dari dalam diri siswa yang antara lain berkaitan erat dengan faktor kecakapan potensial maupun actual, kematangan perkembangan, sikap dan kebiasaan, minat, kestabilan emosional, pengalaman, kemandirian, motivasi berprestasi, kualitas kepribadian dan sebagainya.

Faktor eksternal yang mempengaruhi kebiasaan membolos dapat bersumber dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan pergaulan teman sebaya.
Faktor dalam keluarga yang menjadi sumber timbulnya kebiasaan membolos, yaitu suasana keluarga yang kurang mendukung, keterbatasan sarana keluarga, kurangnya keharmonisan
hubungan dalam keluarga. (**)