IMG-20191130-WA0048-700x390.jpg

Desember Pilkades Kepsul Dihelat

Kepsul, Radar Investigasi. Com- Tahapan Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) segera akan dilaksanakan Desember 2019 mendatang, Dalam Pemilihan tersebut dilakukan secara bertahap di 50 Desa.

Hal ini, disampaikan oleh ketua komisi I DPRD Kepsul M Nasir Sangaji saat di temui awak media Sabtu (30/11/2019) mengatakan bahwa, kemarin Komisi I melakukan hering bersama Pemda Kepsul sehingga tahapan pemilihan kepala desa suda final bulan Desember mendatang. Kerena semua perangkat hukum pemilahan Kepala desa sudah disediakan oleh Pemda.

“Kemarin komisi I suda memanggil Asisten I dan Kabag Pemerintahan serta Kabag Hukum untuk rapat bersama. Dalam rapat tersebut Pemda kepsul sudah memiliki kesepakatan yang sama dengan DPRD untuk mempercepat Pemilihan Kepala Desa Desember mendatang”, ungkapnya

Selain itu, M Nasir juga bilang untuk pemilihan Kepala Desa hal-hal teknis yang dilaksakan oleh pemda DPRD tidak terlalu mencampuri lebih jauh.

“Kita dari DPRD juga tidak mencampuri hal-hal teknis kesiapan pemilihan kepala Desa. yang jelas Pemilihan Kepala Desa tetap dilaksanakan,” imbuh Politis Gerindra itu.

Lanjut, M Nasir Untuk pemilihan Kepala Desa sesuai dengan aturan Perda dan Pemilihan akan dilaksakan secara bertahap dengan anggaran sekitar 500 juta dan model pemilahannya akan diukur oleh Pemda.

“Anggaran Pemilhan Kepala Desa sekitar 500 juta, dan pemilihan dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama pada tahun 2019, tahap kedua 2020,sedangkan pada tahap ke tiga 2021,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa pemilihan kepala Desa yang akan dilaksanakan Desember mendatang sekitar 50 Desa namun Desa-Desa yang akan diadakan pemilihan akan dilakukan verikasi.

“Jumlah Desa yang akan dilaksanakan pemilihan sekitar 50 Desa dan akan ada di verifikasi, gelombang pertam berapa Desa, gelombang kedua serta ketiga berapa Desa verifikasi ini, berdasarkan Pejabat kepala Desa yang lama karena masajabatannya sudah selesai,” ungkap M Nasir yang di sapa Even. (Rs)