PhotoPictureResizer_200213_202752873_crop_960x757-640x350

Dishup Kepsul Berlakukan Biaya Retribusi Bagi Mobil Roda 12

Kepsul Radar Investigasi – Pemerintah Daerah (Pemda), melalui Dinas Perhubungan (Dishub), Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), berencana memberlakukan biaya retribusi bagi kendaraan Mobil roda 12.

Sebab kendaraan Mobil roda 12 telah menggunakan jasa jalan sehingga akan diatur dalam peraturan Bupati tentang restrubusi.

Kadishub Kepsul, Ahmad Yasin Hayatudin, banyak hasil retribusi di kepsul yang seharusnya masuk ke kas Daerah. Apalagi kendaraan mobil roda 12 yang saat ini beroperasi mengangkut alat berat. Sementara Untuk mengtur retribusi kendaraan roda 12 pihaknya sudah mengajukan dibagian Hukum dan Setda kepsul.

“Sekarang Perbup retribusi mobil roda 12 yang biasa mengangkut alat berat, sudah selesai disusun dan bahkan sudah diajukan ke Bagian Hukum Setda Kepsul,” ungkap Kadishub Kepsul saat ditemui diruang kerjanya Kamis (13/2/2020).

Ahmad menuturkan, retribusi yang bakal diberlakukan ke kendaraan roda 12, akan diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup), karena menginggat kendaraan roda 12 telah menggunakan jasa jalan.

“Kita berlakukan ini agar menambah PAD Daerah ini (Kepsul red), sebetulnya kalau bisa dibilang PAD Kepsul banyak yang terbuang begitu saja,” bebernya.

Menurut dia, Kepulauan Sula banyak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, dirinya menilai tidak digarap oleh pihak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Ini adalah langkah awal,” tandasnya.

Selain itu, Ahmad mengungkapkan, Perbup yang diajukan oleh Dishub ke Bagian Hukum dan Ham Setda Kesul telah dibahas yaitu, sebanyak tiga Perbup.

“Perbup angkutan alat berat di jalan, Perbup pendaratan alat berat ke tepi pante dan Perbup angkutan bis yang mengangkut penumpang dari areal pasar basanohi ke Bandara Emalamo Sanana,” ungkapnya. (R)