Forum Keadilan Bangsa Berunjuk Rasa, Dukung Revisi UU KPK

Makassar, Radar IT – Sekelompok massa yang mengatasnamankan diri Forum Keadilan Bangsa berunjuk rasa di Fly Over Makassar, Sabtu (7/9/2019)

Dalam orasinya kelompok massa tersebut membentangkan spanduk yang bertuliskan “Revisi UU KPK Cegah Makelar Kasus” selain itu juga dituliskan, Revisi Undang Undang KPK Untuk KPK Yang Lebih Tegas dan Berintegritas”.

Unjuk rasa secara tertulis memaparkan. Pertama, Kedudukan KPK sebagai lembaga penegak hukum. Meski KPK merupakan cabang kekuasaan eksekutif pegawai KPK merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang tunduk pada peraturan dibidang aparatur sipil dan negara.

Kedua, KPK dalam menjalankan tugas dapat melakukan penyadapan tetapi setelah mendapat izin dari Dewan Pengawas KPK.

Ketiga, KPK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem peradilan pidana terpadu di indonesia oleh karena itu KPK harus bersinergi dengan lembaga penegak hukum lain.

Keempat, Dalam upaya meningkatkan kinerja KPK di bidang pencegahan korupsi setiap instansi, kementerian dan lembaga wajib menyelenggarakan pengelolaan laporan harta kekayaan.

Kelima, KPK dalam menjalankan tugasnya di awasi oleh Dewan Pengawas KPK yang berjumlah lima orang.

Keenam, KPK berwenang menghentikan penyidikan dan penuntutan tehadap tidak pidana korupsi yang perkara tidak selesai dalam jangka waktu paling lama 1 tahun. (Har)