IMG-20191122-WA0014-700x385

Harapan Bupati, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa

Halteng, Radar Investigasi – Program Inovasi Desa (PID) melalui Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mengevaluasi PID Tahap II Tahun 2019 diharapkan meningkatkan kapasitas keuangan desa melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sekaligus meningkatkan kemampuan yang berkualitas dan efektif dalam pemanfaatan Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat, Jumat (22/11/2019)

IMG-20191122-WA0016-700x385

Bupati Drs Edi Langkara MH melalui Kepala DPMD Pemkab Halteng Drs Rustam M.Si dalam sambutannya menegaskan Program Inovasi Desa (PID) tahap II tahun 2019 yang berlangsung di Gedung PKK Halteng jalan Yos Sudarso desa Fidi Jaya Kecamatan Weda ini diharapkan mampu menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di pedesaaan dan juga meningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan desa.

Menurut Bupati, Rakor PID tahap II merupakan bagian terpenting yang harus dilakukan untuk memberikan penjelasan dan membangun kesepahaman semua pihak. Terutama terkait evaluasi, perkembangan dan pencapaian PID yang telah diluncurkan Kementerian Desa, PDDT sejak tahun 2017 lalu dan kini sudah masuk tahap ketiga sekaligus tahap akhir.

“Tentunya kita berharap, sisa waktu pelaksanaan program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Tidak hanya sebagai upaya pemenuhan target program, tetapi juga sekaligus memastikan pelembagaan agenda PID yang dipandang relevan, strategis dan berkontribusi signifikan dalam dinamika pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” tuturnya.

Salah satu strategi yang dikembangkan PID adalah pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa sebagai bentuk dukungan kepada desa – desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa (DD) sebagai investasi yang mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” akunya.

Kegiatan ini juga menyediakan bantuan pemerintah dalam bentuk Dana Operasional Kegiatan (DOK), baik TIK maupun TPID untuk pelaksanaan kegiatan karena target pencapaiaan PID yang diharapkan adalah desa dapat berinovasi pada tiga bidang diantaranya bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang SDM (Pendidikan dan Kesehatan), dan bidang Infrastruktur Perdesaan.

Ketiga bidang itu bertujuan agar mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan DD untuk lebih berkualitas dan strategis baik dalam bidang pengembangan SDM, Pelayanan Sosial Dasar, maupun Infrasturktur Desa.

Ketua Panitia Rakor Program Inovasi Desa Tahap II Tahun 2019 Kabupaten Halmahera Tengah, Suhaida Hidayat S.STP, M. Si menyampaikan dalam laporannya bahwa PID merupakan salah satu upaya Kementerian Desa PDTT RI dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan DD secara lebih berkualitas dan strategis baik dalam bidang pengembangan SDM, pelayanan Sosial Dasar, maupun Infrastruktur Desa.

Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Tahap II Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Kantor PKK Halteng di desa Fidi Jaya Kecamatan Weda yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti sebanyak 59 orang peserta yang terdiri dari, Camat, Tim Inovasi Kabupaten, Tenaga Ahli P3MD, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa,” ujar Suhaida Hidayat.

IMG-20191122-WA0017-700x385

Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mengawal Program Inovasi Desa (PID) dalam suatu semangat kebersamaan, serta mengevaluasi permasalahan – permasalahan yang dihadapi pelaku – pelaku inovasi desa dilapangan. Sekaligus bertujuan agar tercapainya komunikasi dan koordinasi antar stakeholder terkait dalam mendapingi desa agar pembangunan desa kedepan lebih berkualitas, efektif dan inovatif,” terangnya.

Kegiatan Rakor Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa Tahap II Tahun 2019 diawali dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan tutup dengan pembacaan doa oleh Pjs Kepala Desa Were Imran Pelupessy. (Ode)