Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang Kepala BPBD Kepsul Himbau Warga

Kepsul, radarinvestigasi.com – Hujan deras yang menguyur kota Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dan sekitarnya, disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di jalan raya, tepatnya diseputaran desa Waipa dan desa Waihama Kecamatan Sanaan serta satu titik di areal jalan Waikolopa Kecamatan Sanana Utara, pada Sabtu (7/3/2020), sekitar pukul 10 wit pagi dan berlangsung hingga sore tadi.

Selain pohon tumbang, pantaun media ini. Hujan yang menguyur Kota Sanana dan sekitarnya itu juga menyebabkan sejumlah pemukiman Warga tergenang air, diantaranya pemukiman warga di desa Waihama dan desa Fogi.

PhotoPictureResizer_200307_205722916-700x400

“Saya berharap kepada masyarakat, agar saluran pembuangan air jangan ditutup, sebab pantauan saya, ternyata ada masyarakat yang menutup saluran menggunakan pasir dan papan, untuk melintasi dengan kendaraan,”beber Hendra Umabaihi, kepala BPBD Kepsul.

Semantara pohon yang tumbang ditiga titik yang berbeda itu, telah ditangani oleh Kepala badan penanggulan Bencana Daerah (BPBD) bersama timnya dan tim dari dinas lingkungan hidup (DLH) Kepsul, Maluku Utara.

Hendra Umabaihi juga mangatakan, BPBD sendiri telah memantau diseputaran Kota Sanana, dimana, ada pohon yang tumbang dan menyebabkan lalulintas pun terganggu. Sehingga mereka telah mengambil langkah untuk mengatasinya dengan cepat.

“Yang telah kami pantau ada 3 titik di lokasi yang berbeda, dimana terjadi pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang. Lokasinya di desa Waihama, desa Waipa dan Waikolopa,”katanya kepada wartawan Radar Investigasi. com.

Kepala BPBD juga menegaskan, agar ketika turun hujan, masyarakat harus mencari tempat yang aman untuk berteduh dan jangan berteduh di bawa pohon, sebab dikautkan akan ada pohon yang tumbang ketika hujan disertai angin kerncang.

“Atas kejaian ini, kami berikan himbauan kepada masyarakat agar berhati hati . Apa bila ada hujan yang disertai angin kencang, jangan berteduh di bawah pohon, kemudian yang mengunakan kendaraan, kecepatannya harus di kurangi bila perlu berteduh, tetapi jangan berteduh di bawah pohon.(mit)