IMG_20190815_214108-700x375

IBAS Buka Karnaval Budaya HUT RI ke-74, Budaya To Padoe Pukau Penonton

Luwu Timur, Radar Investigasi- Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74, berbagai ragam kegiatan dilakukan Pemda Luwu Timur untuk mengenang kegembiraan saat lepasnya negara kita dari tangan penjajah.

Salah satunya, kegiatan Karnaval budaya yang dibuka oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. Irwan Bachri Syam. yang diikuti oleh ratusan peserta dari usia dini hingga orang dewasa yang mewakili sekolah dan suku budaya se-kabupaten Luwu Timur.

Dari sekian banyaknya peserta Karnaval Budaya, salah satu yang menjadi perhatian adalah peserta dari suku To Padoe dengan pakaian Khas dan Tarian Laembanya, mencuri perhatian dari pengunjung yang menonton disepanjang jalan ibukota Kabupaten Luwu Timur. Malili, Kamis 15-08-2019

Seperti yang diketahui Adat To Padoe, oleh Aliansi adat Internasional diakui sebagai kebudayaan tua dari Tanah Luwu yang tetap eksis dan tetap terjaga kelestariannya hingga kini.

Anggota DPRD Lutim, Semuel.yang juga sebagai Sekum PASITABE berharap dalam rangka mengisi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, selain ikut berpartisipasi dalam memeriahkannya juga sebagai ajang untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang dengan rela mempertaruhkan nyawanya sehingga kita bisa seperti saat ini.

Selain itu dirinya juga sangat berterima kasih atas antusias masyarakat kabupaten Luwu Timur yang turut andil dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke-74, dengan semangat yang tinggi dan tak kenal lelah.

Terkhusus untuk budaya To Padoe, dirinya berpesan agar warga adat jangan sampai menghilangkan ciri khas yang selama ini lestarikan oleh para pendahulu sehingga suku ini bisa besar dan tetap lestari sampai sekarang.

“Dalam memeriahkan HUT RI ke-74 ini, jangan sampai kita melupakan perjuangan para Pahlawan.sebagai salah satu warga To Padoe, saya merasa bangga karena mendapatkan kepercayaan sebagai salah satu suku tertua di Tana Luwu yang tetap terjaga kelestariannya hingga saat ini.” tutup Semuel.(Ali Rauf)