IMG-20191211-WA0023-700x400

Inspektorat Kepsul Warning Pemdes dan BPD Kou

Kepsul, Radar Investigasi- Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Warning terhadap Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan permusyarawatan Desa (BPD) Kou Kecamatan Mangoli Timur.

Warning tersebut, karena aset desa Kou yang bersumber dari Dana Desa (DD) sejak Tahun 2015 hingga 2019 tidak terdaftar dalam buku aset Desa bahkan diduga ada yang menjadikan barang tersebut sebagai milik pribadi.

Tim Inspektorat Pembantu (Irban), Kepsul Mulyadi yang ditemui oleh awak media Rabu (11/12/2019) mengatakan pekan kemarin, pihak Inspektorat telah melakukan monitoring tentang penertiban aset Desa yaitu di Desa Kou ternyata asetnya tidak terdata oleh Pemdes Kou aset tersebut dianataranya, mesin lampu leptop sekiatr 7 buah, 2 buah Fiber, Kendaran roda dua, jaring, mesin konfresor, mesin sengsor, serta barang lainnya.

“Kemarin kami turun ke desa Kou, untuk melengkapi data barang milik Desa atau aset Desa namun tidak ada satupun aset Desa yang terdaftar dalam buku aset,” ungkap Mulyadi.

Mulyadi bilang, Inspektorat tegaskan kepada Pemerintah Desa Kou dan BPD agar segera menertibkan aset Desa dan segara dipertanggung jawabkan dalam berita acara aset Desa.

“Kami sudah berikan warning kepada BPD dan Kepala Desa maupun sekretaris desa Kou segera lakukan penertiban barang milik Desa atau aset Desa mulai dari tahun 2015 sampai dengan 2019,” tegasnya.

Tidak hanya itu, dia juga katakan barang milik desa atau aset Desa yang bersumber dari dana Desa harus mencantumkan nama atau tulisan.
“Barang milik desa dari anggaran Desa harus dicantumkan nama,” ucapnya.

Dia juga berharap, Kepada seluruh pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Sula agar segera menertibkan Aset Desa.
“Penertiban aset Desa bukan haya untuk Desa Kou tetapi di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Sula,” Harapnya. (rs)