Jaga Kawasan Pantai, Polres Kobar Inisiasi Gerakan Tanam Mangrove

Kobar, radarinvestigasi.com– Sebagai upaya dalam rangka mengurangi efek abrasi pantai, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) jajaran Polda Kalteng melakukan penanaman 2000 pohon mangrove di kawasan bibir pantai Desa Sungai Bakau, Kec. Kumai, Kobar, Jumat (21/2/2020) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah unsur muspida Kobar, muspika Kumai, Pemerintah Desa Sungai bakau, TNI, guru, pelajar SMK, SMP dan SD serta masyarakat

PhotoPictureResizer_200221_162453240-700x400

Dalam sambutannya, Kapolres Kobar, AKBP Dharma Ginting, SH, SIK, MH mengatakan, hal ini merupakan bentuk kepedilian Polri terhadap penghijauan sekaligus penunjang ekonomi masyarakat pantai.

“Mangrove mempunyai keistimewaan dalam beberapa hal baik aspek fisik, ekologi dan ekonomi. Dari segi fisik punya akar dan batang kokoh yang dapat mencegah bahaya ombak dan abrasi laut,” ujar Dharma.

Kemudian, dari sisi ekologi mangrove dapat menyaring udara dan air karena dapat tumbuh dalam kondisi tanah berlumpur dan menyerap polutan.

“Ini adalah kepedulian polri sebagai wujud pelayanan untuk melindungi masyarakat dr dampak abrasi pantai, semoga bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat yang ada di pinggir pantai dan semoga bernilai ibadah,” katanya.

Kapolres juga mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk berperan aktif dlm penanaman pohon mangrove secara berkelanjutan.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi guna kelestarian hutan mangrove. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan stake holder,” pesan Kapolres.(dardi)