Jelang Pilakada Kepsul 2020 Bawaslu Tegaskan ASN Untuk Profesional

Kepsul Radar IT- Menjelang pemilihan Bupati di 2020 mendatang, Bawaslu Kepulauan Sula (Kepsul) berharap kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap profesional daalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan tanpa harus ada intervensi maupun keberpihakan terhadap salah satu calon kepala Daerah.

Ketua Bawaslu Kepsul Iwan Duwila mengatakan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang netral dari intervensi birokrasi menjadi sangat penting, maka dari itu semua masih menyadari dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis.

“Kesadaran ini muncul dari pemahaman kita bersama bahwa kehaadiran birokrasi sebagai sebuah lembaga yang bertugas untuk melakukan pelayanan publik bukan dijadikan sebagai mesin politik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu,” katanya dalam press rilisnya, Senin (9/9/2019).

Apalagi, kata dia, dalam lembaga ini diisi oleh orang profesional yang dikenal dengan nama ASN. ASN merupakan profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. “Maka dari itu, menjelang momentum pilkada 2020, diharapkan kepada seluruh ASN, untuk tetap profrsional dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan tanpa harus ada interfensi maupun keberpihakan pada salah satu calon kepala daerah,” ucapnya

Ketegasan ini, Iwan menambahkan, sangat terlihat jelas lewat UU ASN Nomor 5 Tahun 2017 maupun PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Apalagi sangat terlihat pula dengan jelas peran ASN yang tergambar dalam UU Nomor 5 tahun 2017, pada pasal 12 mengatakan bahwa

“Pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawasan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik , serta bersih dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Umtuk itu, selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula, menghimbau kepada kita semua, untuk marilah sama-sama menempatkan posisi dan peran kita sebagaimana yang diamanat oleh negara. Kita sama-sama mengawal dan mengawasi agenda pilkada 2020 kedepan yang lebih demokratis dan bermartabat,” harapnya.(rs)