Kalansina Aibini: Pengawas Pemilu Harus Berintegritas Dan Paham Tupoksi

Raja Ampat Papua Barat, radarinvestigasi.Com – Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Raja Ampat 2020 semakin dekat, Bawaslu Kabupaten Raja Ampat terus fokus dalam penguatan internal kelembagaan, khususnya peningkatan kualitas Panwaslu Distrik yang paham Tugas Pokok dan Fungsi ( Tupoksi) serta berintegritas.

Di temui media ini pada kegiatan Raker Pengawasan Panwaslu Distrik Se- Kabupaten Raja Ampat di Gedung Wanita Salome Syeben, Kamis 20/02/2020 Komesioner Bawaslu Kabupaten Raja Ampat Kordiv Pengawasan, Kalansina Aibini S.Pi menyampaikan bahwa Panwaslu Distrik Harus paham Tupoksinya serta menjaga netralitas serta Integritas dirinya sebagai Penyelenggara Pemilu.

“ Ada dua strategi dalam pengawasan yang harus dipahami oleh Panwaslu Distrik yaitu pencegahan dan penindakan. Pencegahan yang kita dilakukan sekarang dan disampaikan kepada Panwaslu Distrik adalah melakukan koordinasi, memberikan surat himbauan, melakukan sosialisai peraturan, dan bagaimana melakukan pengawasan partisipatif dengan melibatkan semua mitra kerja kita yakni; Pemda, LSM tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda, tokoh perempuan dan Organisasi Masyarakat Lainnya”. Jelas Kalansina Aibini.

“Harapan dari kami khususnya kordiv. Pengawasan adalah kedepan ini pemilihan bisa berjalan sesuai dengan Undang- Undang dan Peraturan yang berlaku dan kita bisa meminimalisir pelanggaran- pelanggaran yang akan terjadi dengan pencegahan dan penindakan yang akan dilakukan oleh Pengawas Pemilu baik di tingkat kabupaten, tingkat distrik, tingkat kampung dan pengawas TPS”. Tutupnya. (MS)