IMG-20191024-WA0027-700x375

Kapolda dan PJU Laksanakan Patroli Laut Keliling Pulau Ambon

Maluku, Radar IT – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, dan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Drs. Teguh Sarwoni,M.Si memboyong seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku, melaksanakan patroli laut mengelilingi pulau Ambon. Kegiatan patroli laut ini berlangsung, Kamis (24/10/19).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat mengatakan,
patroli laut tersebut menggunakan 2 unit Jetsky, 1 unit Tactical Boat (kapasitas 12 orang), dan 3 unit Rigid Inflatable Boat, dengan kapasitas angkutan masing–masing 3 orang.

“Kemudian ditambah dengan unit kapal type C2 no lambung KP. XVI – 2013 Kapasitas 5 orang dimana semuanya milik Ditpolair Polda Maluku,” kata Roem, kepada media disela-sela kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan patroli laut yang dipimpin Kapolda dan Wakapolda itu, untuk memastikan sekaligus memelihara keamanan dan ketertiban di pesisir laut pulau Ambon, Seram, Haruku dan sekitarnya.

“Pak Kapolda saat patroli itu menggunakan jetsky, sementara pak Wakapolda dan PJU pakai kapal. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud promosi wisata bahari laut Ambon, yang indah serta sebagai wujud cinta kepada provinsi Maluku, sebagai provinsi dimana 93 persen dari total luasnya merupakan lautan, serta sekaligus menangkal isu hoax tentang tsunami,” beber Ohoirat.

Dikatakan, kegiatan patroli laut dimulai dari pelabuhan Direktorat Polair Polda Maluku, yang berada dikawasan Desa Lateri, Kota Ambon.
“Start dari dermaga Ditpolair di Lateri kemudian menuju Tanjung Alang, Hitu, Mamala, Morela, Liang, dan Tulehu, dengan jarak tempuh kurang lebih 75 mil kemudian istiraha Makan siang di Tulehu,”jelasnya.

Usai beristirahat, kata juru bicara Polda ini, patroli laut di lanjutkan dengan jalur patroli
Tulehu, Batu lompa, pantai pintu kota, Tanjung nusaniwe, Kota Ambon.

“Kegiatan tersebut berakhir di Lateri, jarak tempuh 55 mil, sehingga total jarak tempuh patroli di wilayah perairan pulau Ambon dan sekitarnya, berjumlah 130 mil,” terang mantan Kapolres Maluku Tenggara.

Kendati demikian Ohoirat mengaku, kegiatan patroli Harkamtibmas itu dilakukan secara rutin, baik melalui darat, maupun laut.

“Apa yang dilakukan ini (Patroli Harkamtibmas) merupakan bagian dari tugas utama Polri, dalam rangka menjaga dan memelihara keamanan di Maluku, termasuk juga mengajak masyarakat untuk melawan berita hoax terkait gempa dan tsunami,”tandasnya. (*/Fer)