IMG-20191121-WA0041-700x385

Kapolres Buru Pimpin Gelar Pasukan Operasi Zebra Siwalima 2019

Namlea,Radar IT-Kepala Kepolisian Resort Pulau Buru AKBP. Ricky Purnama Kertapati, S.I.K., M.Si memimpin langsung apel gelar pasukan Operasi Zebra Siwalima 2019, Kamis (21/11/2019)

IMG-20191121-WA0042-700x385

Hadir dalam kegiatan tersebut Para Kabag, Para Kasat, Perwira Polres, Perhubungan dan KaSubden Pom Namlea. Dan diikuti oleh Personil Polres Buru dan Kompi 3 Yon A Pelopor serta personil Subden Pom Namlea.

Gelar pasukan di halaman Mapolres Pulau Buru ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

Dalam amanat Kapolda Maluku yang dibacakan oleh Kapolres Pulau Buru mengatakan bahwa permasalahan dibidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lanjut Kapolres mengatakan bahwa gelar pasukan ini untuk memastikan persiapan anggota yang terlibat langsung dalam operasi yang akan berlangsung selama 14 hari terhitung dari tanggal 23 Oktober sampai dengan tanggal 5 November 2019.

Timbul dari modernisasi transportasi tersebut Polisi Lalu Lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut PROMOTER (PROFESIONAL, MODERN, DAN TERPERCAYA)

Sesuai UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban

Kapolres juga menjelaskan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas operasi zebra siwalima 2018 terjadi sebanyak 22 kejadian jumlah ini mengalami peningkatan 7 kasus atau naik 47% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 15 kejadian.

Secara umum dari hasil evaluasi tersebut bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran THD Rambu/Marka jalan.

Kapolres Pulau Buru mengharapkan kepada seluruh personel yang terlibat operasi dapat bertugas dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dalam operasi ini yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sadar dan patuh hukum.

Laporan, Fer