IMG_20191227_144511-700x400

Kapolsek Sinjai Selatan Beri Materi Tentang Pencegahan KKN

Sinjai, Kapolsek Sinjai Selatan IPTU Lamirin menghadiri sosialisasi pencegahan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang berlangsung di Aula kantor Camat Sinjai Selatan, Samaenre, kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai, Kamis (26/12/2019).

IMG_20191227_144531-700x400

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan di buka oleh Bupati Sinjai A. SETO. G. ASAPA SH. LLM. sekaligus sebagai Pemateri serta dihadiri oleh, Wakil Ketua DPRD Sinjai A. Sabir (pemateri) Kapolres Sinjai diwakili oleh Kapolsek Sinjai Selatan IPTU Lamirin (pemateri) Camat Sinjai Selatan Agus Salam, S.Stp, Kepala Inspektorat Sinjai, Andi Adeha Syamsuri, AP.,S.IP.,M.Si

Kegitan Sosialisasi di ikuti oleh:
Para pimpinan instansi/BUMN se Kecamatan Sinjai Selatan, Para kepala desa/lurah se Kecamatan Sinjai selatan.
Para Kepala Sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan lainnya.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan salah satu program visi misi Pemda Sinjai dan termasuk dalam kegiatan kerja strategis inpektorat Kabupaten Sinjai.

Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah terwujudnya penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN, serta meningkatnya pembinaan dan pengawasan peraturan di dalam Pemerintahan Daerah Sinjai.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan hukum mengenai Tindak Pidana Korupsi melalui jalan pencegahan dan pemberantasan yang ada di lingkup Pemerintahan masyarakat.

Sambutan Bupati Sinjai menyampaikan, kegiatan sosialisasi seperti ini sangat efektif dalam memberikan informasi kepada pelaksana pemerintahan dan masyarakat mengenai bahaya KKN dan hukum pidananya.

Bupati Sinjai menilai, hal ini menjadi dasar bagi para pihak yang mengurusi dana maupun aset agar mempelajari lebih detail mengenai tata kelola dana sesuai aturan yang diberlakukan. Dalam pelaksanaan pemerintahan terdapat peraturan yang meliputi perundang-undangan, pemerintahan, dan peraturan daerah.

Terlaksananya kegiatan sosialisasi ini agar para pengguna anggaran dapat lebih transparan masalah pengelolahaan keuangan, selain itu menambah pemahaman para pengguna anggaran, untuk mencegah adanya penyelewengan anggaran

Sosialisasi yang di adakan oleh inspektorat daerah Kabupaten Sinjai sangat membantu para pengguna angggaran, dalam hal pengolahaan anggaran karena setidaknya nantinya para pengguna anggaran ini tidak takut lagi atau merasa di hantui oleh adanya berbagai pihak yg biasa menakuti.

Kapolsek sinjai selatan dalam sambutannya meminta, Para Kepala Sekolah wilayah kecamatan sinjai selatan, untuk menggunakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Begitu juga dengan Kepala Desa Se – Kecamatan Sinjai Selatan dalam penggunaan Dana Desa. agar lebih hati hati dan sesuai dengan prosedur karena memiliki resiko hukum.

“Dengan hal ini saya sebagai Kapolsek sinjai selatan meminta Kepala Sekolah dan Kepala Desa se Kecamatan Sinjai selatan jangan sampai salah bertindak, kiranya Komite Sekolah berperan aktif agar membantu dengan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, begitu juga dengan BPDesa selalu berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk mencegah jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan anggaran masing-masing,” ucap Iptu Lamirin

Dalam hal ini tambahnya, Polisi dan Kejaksaan memiliki kewajiban mencegah dan menindak jika terjadi suatu perbuatan yang melawan hukum.

“Polri selalu berkoordinasi dengan bersinergi pihak inspektorat untuk pengawasan masalah penggunaan anggaran,” pungkasnya, (Har)