IMG_20191128_183026-700x385.jpg

Kejari Sanana Kembalikan Uang Korupsi

Kepsul, Radar Investigasi. Com- Kejaksaan Negri (Kejari) Sanana Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) kembalikan hasil Uang korupsi kasus reklamasi pantai Fatecy, Falahu, Fogi. Kasus korupsi tersebut dilakukan oleh terpidana Rukmini Ipa yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman Rakyat (PUPR) di tahun 2015.

Pengembalian uang korupsi tersebut berlangsung di Kantor Kejaksaan Negri Sanana dihadiri oleh Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes, Sekretaris Daerah (Sekda) Syafrudin Sapsuha, Kepala Badan Pegelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKD) Hardiman Teapon serta Kepala kejaksaan Negri Sanana Romoulus Hololongan.

Kepala Kejaksaan Negri Sanana Romoulus Hololongan melalui Kasi Intel Rizki Pandie mengatakan pada pagi tadi, Kamis (28/11/2019) penyerahan uang korupsi terpidana korupsi Rukmini Ipa alias Ibu Ona ke Kas Daerah senilai 5 milyar, kejaksaan Negri Sanana sudah berikan langsung ke Pemda Kepulauan Sula melalui BPKD.

“Dari 5 milyar itu, yang sudah ada di Kas Daerah Rp.4.146.256.37600 pada pagi ini kita serahkan sisanya ke kas daerah senilai Rp.1.500.000.000 melalui pemda Kepulauan Sula. Uang 5 milyar itu diberikan oleh terpidana Rukmini Ipa,” ujar Rizki

Selain itu juga, kata Rizki pengembalian uang itu senilai 5 milyar itu atas kasus korupsi ditahun 2015 yang menjerat terpidana Rukmini Ipa pada waktu itu menjabat sebagai Kabid Bina Marga Dinas PUPR tahun 2015 atas proyek reklamasi Pantai Fatcey, Falahu Fogi dikembalikan secara bertahap.

“Rukmini saat itu menjabat sebagai Kabid Bina Marga di Dinas PUPR tahun 2015 kepuluan Sula dimana pengembalian Milyaran rupiah itu di selesiakan sendiri,” ungkap Rizki.

“Sedangkan barang bukti lain seperti seperti mobil sementara masih dalam proses pelelangan,” tutupnya. (Rs)