IMG_20191203_182249-700x390.jpg

Ketua DPRD Kepsul dan Komisi III Tinjau Rumah Warga Yang Diterjang Ombak

Kepsul, Radar Investigasi – Ketua DPRD Sinaryo Thes bersama Ketua Komisi III Lasiki Leko dan Angota Komisi III Ricardo Hongarta serta Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepsul Misbah Wamnebo tinjau rumah warga yang diterjang ombak, Selasa (3/12/2019).

IMG_20191203_182309-700x390.jpg

Diketahui, gelombang pasang yang menghantam rumah warga serta merusakkan separuh talud penahan ombak di Desa Wailoba Kecamatan Mangoli Tengah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Gelombang pasang itu, terjadi pada senin ( 2/12/019) kemarin sekira jam 4 sore hingga jam 4 pagi.

Gelombang tersebut dengan ketinggian mencapai 10 meter merusakkan 4 dapur rumah warga. Namun tidak ada korban jiwa.

Sinaryo Thes mengungkapkan, masalah bencana alam di Desa wailoba maupun di Desa yang lain merupakan tanggung jawab DPRD Kepsul sebagai wakil rakyat karena ini adalah soal kemanusian sehingga DPRD segera mencari solusi.

“Jadi kami DPRD tetap peduli dengan masalah seperti ini. Karena masalah bencana alam adalah masalah kemanusiaan. Selain itu, kami akan berkoordinasi dengan BPBD serta Bupati Kepsul untuk mencari solusi,” kata Ketua DPRD Sinaryo

Hal yang sama juga di katakan oleh, Ketua komisi III Lasidi Leko untuk bencana yang terjadi di Desa Wailoba Komisi III akan berkoordinasi dengan pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Perumahan Kawasan Rakyat (PUPRKP) Kepsul

“Saat ini kita turun langsung ke lokasi Jadi, masalah yang bada dilapanagan kami dari komisi III akan berkoordinasi dengan pihak PU segera untuk mencari solusi terkait dengan masalah bencana yang menimpah masyarakat Wailoba”, ungakapnya.

Selain itu, Kepala BPBD Misbah Wamnebo masalah bencana di kepsul adalah tanggung jawab BPBD dan untuk pembuatan talud saat ini kita akan mencari solusi karena APBD 2020 suda ada pengesahan.

“Untuk sekarang kami suda data kerusakan rumah warga yaitu sebyak 4 ruma kami dari BPBD akan memberi bantuan 10 Sak Semen kepada masing masing ruma yang mengalami kerusakan serta mencari solusi untuk pembuatan talud,” ungkap Kepala BPBD Misbah.

Terpisah Ketua Pemuda Desa Wailoba Abidin Ali juga berharap Kepada Pemda melalui BPBD maupun DPRD yang telah turun kelokasi dan melihat langsung bencana

“Kami inginkan DPRD dan Pemda Kepsul dapat mencari solusi untuk membuat talud penahan ombak yang lebih tinggi lagi. Karena talud yang ada saat ini terlalu rendah, sehingga tidak bisa menghalangi hempasan ombak di Desa Wailoba,” harap ketua pemuda Wailoba. (rs)