Ketua KWS Desak Pemda Kepsul, Warning Kades Capalulu Berprofesi Wartawan

Kepsul, Radar IT – Ulah Kepala Desa (Kades) Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulaun Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) M. Ali Umasangaji yang merangkap sebagai wartawan di salah satu media online, mendapat Teguran keras dari Komunitas Wartawan Sula (KWS).

KWS menilai, status wartawan yang di gunakan oleh Kades Capalulu ini, hanya untuk menakut-nakuti warganya saja. Sebab, dalam aturan yang namanya Kades tidak bisa merangkap jabatan lebih dari satu.

“Kami pertanyakan kalau misalnya kades adalah Wartawan, selama ini apakah melakukan aktifitas peliputan,” kata Ketua KWS, Sarmin Drakel, Selasa (11/06/2019).

Sarmin mendesak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul agar menseriusi untuk mengambil tindakan tegas terhadap Kades Capalulu. “Pemda jangan hanya gertak-gertak sambal. Ini masalah serius yang perlu untuk diselesaikan secara cepat dan tepat. Sebab ini menyangkut dengan profesi sebagai wartawan,” tegasnya.

Selama ini, lanjutnya, mereka dengar informasi Kades Capalulu tidaklah benar. Padahal, sudah banyak keluhan dari masyarakat setempat.

“Kalau memang M. Ali ini mau jadi wartawan, harus lepaskan jabatan kepala desa supaya kita sama-sama melakukan tugas peliputan,” tambahnya

Kalau tidak mau lepas jabatan kepala desa, maka kata Samin, jangan lagi memanfaatkan status wartawan sebagai alat untuk menakuti masyarakat.

Sarmin membeberkan, dirinya bakal melaporkan ke Polisi apabila Kades Capalulu memanfaatkan status wartawan untuk menakuti warga. (RIS)