Nias Utara_radarinvestigasi.com-
Pekerjaan peningkatan jalan ruas Onozalukhu_Holi, Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara diduga terindikasi Korupsi resmi dilaporkan pada Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Nias, Rabu 13/03/2019.

Hal ini dilaporkan melalui Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Wilayah Kepulauan Nias oleh Darianus Lahagu yang sering dijulukan Pemuda Desa dengan No.110/KORWIL-LAKRI/KEP-NIAS/III/2019 dengan Perihal Laporan Pengaduan Dugaan Korupsi pada pekerjaan peningkatan jalan ruas ONOZALUKHU – HOLI”, Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara yang bersumber dari DAK senilai 1.500.000.000 (Satu Milyar Lima Ratus Juta Ribu Rupiah) Tahun Anggaran 2016 lalu.

LAKRI Wilayah Kepulauan Nias mendesak Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Nias untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Utara dan pejabat pembuat komitmen pada proyek “Peningkatan Jalan Ruas Onozalukhu-Holi, Kabupaten Nias Utara” (DAK IPD = 1.500.000.000,_) TA. 2016 yang disertai dokumen dan foto terlampir.

Menurut Korwil Lakri Kepulauan Nias Darianus Lahagu, Bahwa pada pekerjaan tersebut diduga kuat belum melakukan penggilingan sedangkan spesifikasi penggilingan wajib dilakukan (FIKTIF)

Lanjutnya, Pada pekerjaan tersebut diduga kuat belum melakukan Galian pada Bahu Jalan (Merk-Up), dan pemasangan batu besar ukuran 10-15 cm tidak merata dan berjarak 5-10 cm (Mark-Up). Terang pemuda itu.(Evz)