Masyarakat di Kepsul Bakal Terima BLT Melalui DD

SANANA, DADAR INVESTASI-COM- Masyarakat di 78 Desa Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang terhimpit ekonomi akibat dampak Sosial pendemi virus Corona Covid-19 akan diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melaui Dana Desa Tahun 2020.

BLT tersebut diperuntukkan kepada masyarakat yang kurang mampu dengan diberikan perbulan sebanyak 600 Ribu dan selama 3 bulan per Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (PMD) Fataha Umasangaji saat dikonfirmasi Sabtu (18/4/2020). Mengatakan BLT yang yang bersumber dari DD diatur sesaui Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020. Kemudian, ketentuan ini merupakan revisi atas Permendes PDT nomor 11 tahun 2019 tentang preoritas penggunaaan DD tahun 2020.

Sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Sula akan segera menindaklanjuti revisi Permendes PDTT tersebut dan mengintruksikan kepada seluruh para Kepala Desa di Kepsul agar menyiapkan DD untuk dana BLT.

“Dana Desa di tahun 2020 bisa dimanfaatkan untuk bantuan langsung tunai diperuntukkan kepada masyarakat kurang yang mampu atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Karena, alokasi bantuan langsung tunai diatur dalam Permendes,” kata Fataha Umasangaji yang juga sebagai koordinator lapangan pelaksanaan Relawan Desa di Kepsul.

Fataha menambahkan penerima BLT adalah masyarakat yang belum mendapatkan manfaat dari kartu sembako maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

“Bagi masyarakat yang sudah menerima bantuan PKH atau bantuan pangan nontunai sudah tidak bisa menerima BLT dari DD tersebut,” ungkap Fataha.

Lanjutnya mengenai mekanisme penyaluran bantuan tersebut, pendataan dilakukan oleh pemerintah Desa melalui Tim Relawan Covid-19 di setiap Desa masing-masing dan selanjutnya akan dilakukan musyawarah Desa terkait dengan data BLT tersebut.

“Pendataan Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat Desa ditingkat RT/RW serta tim Relawan Desa Covid-19. Setelah pendataan selesai verifikasi dan validasi data dilakukan melalui Musyawarah Desa,” tutupnya (Ist)