IMG-20200213-WA0055-640x350

Pembangunan Perbatasan di Papua Barat Jadi Prioritas Negara

Raja Ampat Papua Barat, Radar Investigasi. Com. Pembangunan di kawasan Perbatasan merupakan prioritas Negara untuk membangun dan mengawasi serta memperkuat Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kaitannya dengan hal tersebut, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia,(BNPP-RI) meninjau sejumlah kawasan perbatasan.

Salah satu Perbatasan Nasional Indonesia dengan Negara tetangga yaitu Pulau Fani, yang terletak di Wilayah Distrik Kepulauan Ayau kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia, Drs. Edi Supriyanta M.Si,dalam Rapat Koordinasi dan Identifikasi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat di Aulah Wayag, Kamis (13/02/2020)

Edi Supriyanta mengatakan bahwa kehadiran mereka di Raja Ampat untuk menyerap usulan dan mengidentifikasi Kebutuhan masyarakat yang hidup di Kawasan Perbatasan.

“Di Raja Ampat Sendiri ada Ayau dan Kepulauan Ayau juga masuk dalam Lokasi Prioritas (Lokpri) oleh sebab itu kami akan melakukan identifikasi kebutuhan apa yang menjadi prioritas di Wilayah tersebut”. Jelasnya

Ia menilai Kawasan Ayau dan Kepulauan ayau memiliki banyak potensi, diantaranya Potensi Wisata dan potensi Perikanan sebab itu, ia menyampaikan kepada sejumlah OPD yang hadir agar ikut memasukkan Usulan-usulan Program demi Kemajuan Pembangunan di Wilayah itu.

“ Pembangunan Sumber Daya Manusia dan peningkatan stabilitas keamanan wilayah teritorial harus diperkuat juga dengan penempatan prajurit TNI di Kepulauan Ayau dan Ayau di Kabupaten Raja Ampat”. Tegas Edi Supriyanta

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Dr. Yusup Salim, M.Si, berharap melalui rapat kordinasi tersebut; pembangunan kawasan perbatasan Raja Ampat, khususnya di distrik Ayau dan Kepulauan Ayau bisa dapat terlaksana.

Menurutnya, jika selama ini Natuna sering disebut memiliki potensi periakanan yang kaya, Maka kami berharap juga agar kawasan perbatasan di Raja Ampat juga perlu mendapatkan perhatian khusus dalam Pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusianya.

“ Kawasan Ayau dan sekitarnya yang merupakan kawasan strategis dan memiliki potensi yang besar di bidang kelautan perikanan serta pariwisata perlu mendapatkan perhatian juga” Tutupnya. (MS).