IMG-20191216-WA0004-700x400

Poltabes Makassar Amankan 25 Motor Balap Liar Yang Kerap Resahkan Warga

Makassar, Radar Investigasi – Aksi balapan liar sering kali kita temukan di jalan raya meresahkan masyarakat, khususnya pengguna jalan sendiri. Bahkan aksi kejahatan jalanan ini sering kali menelan korban jiwa. Baik dari pelakunya sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

IMG-20191216-WA0005-700x400

Olehnya itu warga meminta agar aparat penegak hukum menindak tegas pelaku balapan liar ini

“Kami harap agar pelaku balapan liar ini mendapat tindakan tegas oleh Polisi,” harap Amir warga Jalan Dg Tata Makkassar

“Balapan liar sering kali dilakoni usia remaja. Dengan memanfaatkan kondisi jalan yang mulus dan sepi, aksi ini sering dilakukan tepat tengah malam,” tambah dia

Guna menindaklanjuti keluhan warga masyarakat dan mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan di Kota Makassar, aparat dari kepolisian menurunkan tim Penikam dari Polrestabes Makassar yang kemudian mendatangi lokasi balapan liar yang marak dilakukan di Jalan Dg Tata  Makassar, Minggu (15/12/19).

Tim Penikam Polrestabes Makassar yang dipimpin oleh Ipda Arif Muda berhasil mengamankan puluhan kendaraan sepeda motor berbagai macam merk di Halaman Polrestabes Makassar.

“Ada sekitar 25 sepeda motor diamankan dan dibawa ke Polrestabes Makassar,” ucapnya.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas, ungkapnya.

“Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” pungkas Ipda Arif.

Diketahui, upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi ke komunitas, sekolah dan masyarakat. (Har)