IMG-20191229-WA0005-700x450

PON Ke-20 di Papua, Putra Sula Bakal Tampil Wakili Provinsi Malut

Kepulauan Sula, Radar Investigasi – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 yang akan diselenggarakan di Papua tahun 2020 mendatang, juga akan dimeriahkan oleh sejumlah atlet dari Provinsi Maluku Utara (Malut). Atlet yang akan tampil bertading dalam berbagai Cabang Olahraga (Cabor).

Dari beberapa atlet yang akan dikirim untuk mewakili Provinsi Malut dalam even Nasional itu, salah satunya adalah Irwandi Fokatea yang merupakan putra asal Kepulauan Sula.

Ketua KONI Provinsi Malut DJafar Umar yang menghadiri pelantikan Ketua KONI Kepulauan Sula, Sabtu (28/12/2019) malam. Di kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan, untuk PON 2020 kekuatan atlet yang disiapkan masing- masing telah mengikuti Prapon 29 Cabor, Prapon tersebut dengan kekuatan atlet sekitar 300 lebih dan lolos untuk mengikuti PON di Papua adalah 14 Cabor dengan 80 atlet. Salah satunya adalah putra asal Kepulauan Sula.

“Untuk PON 2020, di Papua Provinsi Malut akan tampil di 14 Cabor, dengan kekuatan atlet sekitar 80 dari 80 atlet itu, ada satu orang atlit yang berasal dari Kepuluan Sula yaitu Irwandi yang saat ini kuliah di Ternate,” ujarnya

Lanjut Djafar, Irwandi Fokatea akan tampil pada cabang Olahraga Atletik hal ini, karena Irwanto telah lolos prapon dengan record Nasional.

“Ia putra daerah adalah salah satu atlet atletik pelari 100 meter dengan lolos Prapon dengan record mendekati record Nasional,”ungkap

Menurut Djafar Kabupaten Sula merupakan salah satu Kabupen di Provinsi Malut yang memeliki kontribusi besar terhadap olahraga di Provinsi Malut. Sebab pada PON tahun sebulmnya ada, beberapa atlet asal Kabupaten Sula, yang mengharumkan nama Provinsi Malut pada even Nasional. Selain itu, Kepulauan Sula juga memeliki Putra terbaik yakni Rizki Pora yang juga mengharumkan nama Provinsi Malut dalam cabang Olahraga Sepak Bola.

“Untuk di Sula Olahraga sangat potensial. Karena Sula juga sudah pernah memberikan kontribusi atlet kepada Maluku Utara ditingkat Nasional. baik cabang sepak Bola dan atlet atletik lempar lembing Putra. Yang saat ini, sudah menjadi anggota TNI di Jawa Barat,” jelasnya.

Olehnya itu, sebagai Ketua KONI Provinsi Malut pihaknya berharap pada pengurus KONI Kepulauan Sula yang baru saja dilantik, agar dapat bekerja sama dengan intansi terkait baik pemuda, Pemda serta Dispora.

“Saya berharap kepada pengurus KONI Kepulauan Sula harus memeliki peran penting untuk mengembangkan seluruh cabang Olahraga sebab Olahraga adalah harkat dan martabat Bangsa,” harap Djafar.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes yang juga selaku Ketua KONI, pada kesempatan itu mengatakan, sebagai Bupati dan Ketua KONI pihaknya siap mengempangkan Olahraga di Kepulauan Sula Karena Olahraga sebagai Instrumen penting di Daerah.

“Kita harus komitmen bahwa prestasi dan pengembangan Olahraga itu, adalah sebagai bagian dari instrumen keberhasilan pembangunan Daerah,”. tutup Hendrata.(Rs)