IMG-20191103-WA0001-700x385

Warga Segel Kantor Desa Capalulu, Ini Penyebabnya

Kepsul Radar IT-Akibat Kepala Desa M Ali Umasangaji tidak menghadiri Undangan serta diduga kurang transparansi dalam pengelolaan ADD dan DD kurang lebih selama 5 Tahun. Pemuda Desa Capalalu menggelar aksi pemalanagan Kantor Desa Capalulu Kecamatan Mangoli Tengah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), sebagai bentuk kekecewaan.

IMG-20191103-WA0002-700x385

Aksi palang Kantor Desa ini dipicu akibat pemuda Desa Capalalu, merasa kecawa tidak hadirnya Kades saat di undang menghadiri rapat umum untuk mempertanyakan transpanransi dalam pegelolaan DD dan ADD selama 5 Tahun oleh Kepala Desa Capalulu M Ali Umasangji yang diduga di selewengkan,
namun anehnya Kepala Desa diduga melarikan diri tanpa alasan yang pasti sehingga mengabaikan undangan yang resmi oleh pemuda.

Koodnantor aksi Pemuda Desa Capalulu Sahrul Ipa saat dihubungi via telpon Sabtu (2/11/2019), mengatakan, “Kami pemuda Desa sengaja mengadakan rapat umum untuk menghadirkan Kades M. Ali umasangaji agar dia menyampaikan laporan penggunaan anggaran DD dan ADD 2016-2017 dan 2018, namun kades melarikan diri ke Sanana tanpa alasan yang jelas”, kata Sahrul.

Selain itu dia menambahkan Pengelolaan Dana Desa yang seharusnya bersifat transparansi akuntabel sesuai dengan UU Desa Nomor 6 tahun 2014 namun selama masa jabatan kades Capalulu M Ali Umasangaji tidk pernah malakukan rapat umum bersama masyarakat Desa.

“Selama kurang lebih 5 Tahun Kades M. Ali umasangji menjabat, belum pernah dia melakukan rapat umum atau rapat ahir tahun penggunaan anggaran. Selama ini pencairan anggaran DD dan ADD masayarakat tidak pernah tau. Persoalan anggaran, kades sagat tertutup dengan Masayarakat Desa”, ungkapnya.

Secarah terpisah, Kades Capalulu M.Ali Sangadji saat di konfirmasi via telepon, mengatakan pengelolaan Dana Desa sudah berdasarkan mekanisme.

Pihaknya selalu melaksanakan rapat dengan masyarakat dan tidak pernah ditutup-tutupi Dia juga mengatakan DD Capalulu digunakan sangat maksimal sehingga Desanya maju dari semua Desa yang ada di Kepsul, cetus Kades M Ali.

“Ketidak hadiran saya dalam rapat itu bukan karena melarikan diri, akan tetapi saya datang ke Sanana untuk menukar alat mobil yang saya beli beberapa waktu lalu dan beli alat baru”, kata Kades M Ali. (Rs)